Meneladani Perjuangan Pahlawan Dalam Islam

Meneladani Perjuangan Pahlawan Dalam islam Ust. Adi Hidayat, Lc. MA AkhyarTV

Video Error : No Playable Source?

Masalah umum pada browser google chrome & firefox. Ikuti tutorial disini untuk mengaktifkan / mengizinkan Flash Media Player di browser.

Video Error : Crossdomain Access?

Masalah biasa yang terjadi jika player di web akhyartv gagal dimuat. Solusinya, restart browser dan tunggu beberapa saat. Clear cache browser juga. Jika menggunakan mobile gadget, pastikan koneksi yang digunakan memiliki stabilitas yang tinggi.

Video Error : Invalid License Key?

Sedang terjadi galat dari server, silahkan dibuka kembali halaman ini beberapa saat lagi. Atau bisa juga dicoba terlebih dahulu akses kajian ini menggunakan perangkat lainnya.

Bagi pengguna Aplikasi AkhyarTV, silahkan Hapus lalu – Install ulang applikasi AkhyarTV di android.

Butuh bantuan seputar tayangan?

Coba cek halaman bantuan tayangan kami disini. Bantuan Tayangan

Pertanyaan umum!

Coba cek halaman pertanyaan yang paling umum ditanyakan disini. Pertanyaan Umum

Meneladani Perjuangan Pahlawan Dalam Islam – Ust. Adi Hidayat, Lc. MA

Dalam kamus besar bahasa indonesia, pahlawan/pah·la·wan/ n adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA dalam kajian berikut ini, akan membahas definisi pahlawan secara umum dan khusus dari sudut pandang islam. Setelahnya, dilanjutkan dengan pembahasan bagaimana cara meneladani perjuangan para pahlawan di dalam islam.

Di awal kajian beliau menjelaskan, ketika ada sebuah kalimat yang di akhiri dengan kata ‘Islam’, maka sudah seharusnya ada pembatasan yang sesuai dengan konteks keislaman dan syariat. Allah subhanahu wa ta’ala berfiman :

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

Dari kutipan ayat yang dibacakan, Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA kembali menegaskan lebih detail bahwa ketika akan mendefinisikan kalimat ‘Pahlawan dalam islam’, maka kata islam yang disisipkan diakhir kalimat itulah yang akan bersanding dengan kata Ad-Din atau Agama itu sendiri. Dan Kata Ad-Din itu berarti juga akan bersanding dengan kata islam, keduanya terikat tidak terpisahkan.

Setelah kata Ad-Din dan Islam itu, pasti akan merujuk pada sumber yang telah berikan kepada manusia oleh Allah subhanahu wa ta’ala, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasullullah sallahu alaihi wassalam.

Seperti apakah makna Pahlawan yang tertuang didalam Al-Qur’an? Bagaimana cara kita meneladani perjuangan para pahlawan tersebut sesuai dengan tuntunan syariat Ad-Din? Mari kita simak selengkapnya kajian islam “Meneladani Perjuangan Pahlawan Dalam Islam” bersama Ust. Adi Hidayat, Lc. MA dari Masjid Al-Irsyad, Suraya. 10 November 2017, atau bertepatan dengan hari pahlawan nasional.

Meneladani Perjuangan Pahlawan Dalam Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *