Hukum Musik

Hukum Musik Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA AkhyarTV

Video Error : No Playable Source?

Masalah umum pada browser google chrome & firefox. Ikuti tutorial disini untuk mengaktifkan / mengizinkan Flash Media Player di browser.

Video Error : Crossdomain Access?

Masalah biasa yang terjadi jika player di web akhyartv gagal dimuat. Solusinya, restart browser dan tunggu beberapa saat. Clear cache browser juga. Jika menggunakan mobile gadget, pastikan koneksi yang digunakan memiliki stabilitas yang tinggi.

Video Error : Invalid License Key?

Sedang terjadi galat dari server, silahkan dibuka kembali halaman ini beberapa saat lagi. Atau bisa juga dicoba terlebih dahulu akses kajian ini menggunakan perangkat lainnya. Hapus lalu – Install ulang applikasi AkhyarTV di android.

Video Player cropped (tidak utuh)?

Biasa terjadi untuk pengguna Internet Explorer lama atau Browser bawaan android. Silahkan masuk ke Halaman Live Streaming

Butuh bantuan seputar tayangan?

Coba cek halaman bantuan tayangan kami disini. Bantuan Tayangan

Pertanyaan umum!

Coba cek halaman pertanyaan yang paling umum ditanyakan disini. Pertanyaan Umum

Hukum Musik – Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA

Musik itu adalah segala suara yang menghasilkan irama. Musik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu yang tidak menggunakan alat dan menggunakan alat. Sejak dahulu kala, bangsa arab lebih terbiasa membuat syair tanpa menggunakan alat musik, yang dimana syair itu sendiri unsurnya tercipta dari suara yang menghasilkan irama-irama. Syair yang terbentuk dari susunan irama (musik) tersebut sangat populer di zaman itu, bahkan hingga di adakannya ajang pamer kreatifitas antara para pembuat syair.¬†Mereka saling menyombongkan karya syair mereka setiap hari jum’at (dulu bukan hari jum’at). Siapapun yang memiliki karya syair dengan irama terbaik akan menjadi panutan dan contoh (naik derajat sosialnya).

Bagi para pembuat syair, jika mereka membuat syair tidak memiliki irama-irama (musik), maka syair itu akan di nyatakan sebagai aib oleh dirinya dan khalayak ramai. Oleh karena itu, mulailah para pembuat syair berbondong-bondong mendatangi tempat-tempat seperti lembah, sungai, pegunungan, dan semacamnya, hanya untuk mendapatkan inspirasi untuk membuat syair!

Dengan alih mencari inspirasi  irama syair, mereka bahkan melupakan tuhan mereka, mereka meninggalkan ibadah mereka, mereka jauh dari ketetapan Allah, mereka juga menjauhkan orang lain dari Allah dengan menyajikan syair yang tidak bermanfaat.

Semua itu semata hanya untuk kepentingan yang bahkan dia sendiri tidak mengerti manfaatnya.

Sejak saat itulah, turun wahyu mengenai perilaku para pembuat syair. Bahkan ada surat khusus yang membahas tentang celakanya para pembuat syair, Al-Qur’an Surat As-Shu’ara (26) yang dalam bahasa indonesia adalah jamak dari kata pembuat syair, yaitu Para Penyair. Kebiasaan buruk mereka di cela oleh Allah swt.

Bisa di kaji pada QS. As-Shu’ara Ayat 224 – 227.

Lantas dari contoh tersebut diatas, apakah arti musik itu sebenarnya? Apakah hukum musik itu sendiri? Bagaimana sikap hukum yang harus di ambil sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah? Mari kita simak penjelasan oleh Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA berkaitan dengan Hukum Musik.

Hukum Musik

Tinggalkan Pesan :