Antara Manhaj & Madzhab

Simak dan Cermati Perbedaan Antara Manhaj dan Madzhab Bersama Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA AkhyarTV

Video Error : No Playable Source?

Masalah umum pada browser google chrome & firefox. Ikuti tutorial disini untuk mengaktifkan / mengizinkan Flash Media Player di browser.

Video Error : Crossdomain Access?

Masalah biasa yang terjadi jika player di web akhyartv gagal dimuat. Solusinya, restart browser dan tunggu beberapa saat. Clear cache browser juga. Jika menggunakan mobile gadget, pastikan koneksi yang digunakan memiliki stabilitas yang tinggi.

Video Error : Invalid License Key?

Sedang terjadi galat dari server, silahkan dibuka kembali halaman ini beberapa saat lagi. Atau bisa juga dicoba terlebih dahulu akses kajian ini menggunakan perangkat lainnya. Hapus lalu – Install ulang applikasi AkhyarTV di android.

Video Player cropped (tidak utuh)?

Biasa terjadi untuk pengguna Internet Explorer lama atau Browser bawaan android. Silahkan masuk ke Halaman Live Streaming

Butuh bantuan seputar tayangan?

Coba cek halaman bantuan tayangan kami disini. Bantuan Tayangan

Pertanyaan umum!

Coba cek halaman pertanyaan yang paling umum ditanyakan disini. Pertanyaan Umum

Salah satu materi kajian tematik yang paling sering dibicarakan di seputar dunia dakwah adalah mengenai Manhaj dan Madzhab, kedua kata ini merupakan suatu hal yang kerap dijadikan pula sebagai bahan perdebatan. Namun apa sebenarnya makna sebenarnya dari kedua kata tersebut? Mari kita perhatikan tayangan bersama Ust. Adi Hidayat, Lc. MA berikut ini :

Madzhab
Bahasa: Madzhab adalah jalan dan keyakinan yang dituju

Istilah: Dan menurut Ulama’ (istilah.pent) madzhab adalah Kumpulan pendapat dan teori ilmiah dan falsafiah yang sebagiannya terikat dengan yang lain, keterikatan ini menjadikannya satu bagian yang tersusun rapi. Al-Mu’jam al-Wasith 317

Manhaj
Bahasa: An-Nahju: artinya jalan yang terang, begitu pula al-Manhaj dan al-Minhaj, Anhaja ath-Thariqu yakni jelas dan menjadi jalan yang jelas. “Nahajtu” jalan bila saya memperjelasnya. ash-Shahah 1/346

Istilah: Manhaj adalah kumpulan pilar dan dasar-dasar penting yang memperjelas jalan perorangan, masyarakat, atau umat untuk mewujudkan kesan yang condong kepadanya setiap dari mereka. Dan berdasarkan penelusuran pada manhaj-manhaj secara umum kita dapati bahwa manhaj ada dua macam, yang benar dan yang rusak. Dan yang penting kita bahas di sini adalah yang pertama:
Manhaj yang bersumber dari al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai dasar yang menjadi sandaran.

Mari kita simak dan pelajari perbedaan antara antara Manhaj & Madzhab bersama Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA.

Antara Manhaj & Madzhab

Tinggalkan Pesan :