Kajian Fiqih Sholat [Part 1]

Pembahasan atau kajian tentang Fiqih Sholat atau sifat sholat Nabi Sallallahu Alayhi WaSallam. Sholat ini menjadi penting untuk kita bahas, selain menjadi kewajiban ibadah kita dalam kehidupan sehari hari, sholat juga disebutkan di dalam Al-Qur’an akan membawa dampak baik yang tidak akan pernah didapatkan oleh orang yang tidak sholat.

“Apabila engkau berdiri hendak menegakkan shalat maka sempurnakanlah wudhu, lalu menghadaplah qiblat, lalu bertakbirlah, kemudian bacalah Alqur,an yang mudah bagimu, kemudian ruku`lah hingga engkau tuma’ninah (tenang), kemudian bangkitlah (i`tidal) hingga engkau sempurna berdiri tenang, kemudian bersujudlah hingga engkau thuma’ninah (tenang) dalam sujudmu, kemudian bangkitlah (duduk antara dua sujud) dari sujudmu hingga engkau tenang dalam dudukmu, kemudian lakukanlah semua itu (dalam setiap raka`at) dalam shalatmu.” [HR. Bukhari: 757 dan 6251 dan Muslim: 397].

Category: Short

9 Comments

  • Mochamad Irfan Sazaly
    Reply

    Mohon info bagaimana cara downloadnya atau ada link khusus untuk download, karna jaringan internet saya tidak stabil dan terputus-putus sehingga mengganggu.

    Salam,
    M. Irfan Sazaly

  • Ahmad Syauqi
    Reply

    Assalamu’alaikum…
    Mohon info pak kapan ust. Adi Hidayat ada jadwal ceramah di Kalimantan Timur di Tenggarong Kutai Kartanegara atai di Samarinda…

  • MIRAN
    Reply

    SEMOGA ALLAH MELIPUTKAN RAHMAT-NYA PADA USTADZ ADI, JIKA BOLEH BERTANYA MOHON USTADZ ADI MENJAWAB, ATAU ADA YANG BISA MENJAWAB. APA YANG HARUS KITA SAYA LAKUKAN SAAT SAYA JADI MA’MUM, TAPI BACAAN DAN GERAKAN IMAM TERLALU CEPAT, BAHKAN TERKADANG SAYA TIDAK SEMPAT MENYELESAIKAN BACAAN SETIAP GERAKAN SHALAT SAYA. SEHINGGA TIDAK TUMA’NINAH. BUAKANKAH SYARAT SAH SHALAT SALAH SATUNYA TUMA’NINAH. DAN SAYA TIDAK MAPNYAMPAIKANNYA PADA IMAM YANG BERSANGKUTAN. TERIMAKASIH.

  • Dwi Irwanto
    Reply

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
    Mohon penjelasan Ustadz…
    Hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhu, beliau menyatakan,

    رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي حَافِيًا وَمُنْتَعِلًا

    Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang shalat dengan tidak beralas kaki dan kadang shalat dengan memakai sandal. (HR. Abu daud 653, Ibnu Majah 1038, dan dinilai Hasan Shahih oleh al-Albani)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>