Antara Pakai dan Tidak Pakai

Kita akan fokus kepadakajian kebahasaannya terhadap sebuah kalimat kontroversial yang hangat di bincangkan di dunia maya, yaitu “Dibohongin Pakai Al-Maidah 51”. Kajian yang akan di sajikan dengan analisi baik dari sisi simantik (kajian linguistiknya secara kaidah bahasa) dan kemudian dari segi mantik nya, yaitu bagaimana pernyataan tersebut bisa dipahami secara logika sesungguhnya dan tidak keluar dari esensi bahasa yang dimaksudkan. Lalu kita coba kemas semua kajian kita ini dengan aturan dalil Al-Qur’an dan sunnah Rasul SAW, sehingga kajian kita bisa lebih beradab, lebih fokus, dan tidak menghadirkan pandangan pandangan atau pernyataan lain yang keluar dari nilai kebaikan dan akhlak mulia.

 

Saksikan selengkapnya kajian Ust. Adi Hidayat, Lc. MA menanggapi kalimat kontroversial berikut.

Category: Short

2 Comments

  • Tyas
    Reply

    Tanya: Jika yang diterangkan dengan menggunakan pola SPK (Saya makan pakai tangan), kenapa komparasi semantiknya memaksakan ke arah semakna menjadi PK (dipukul pakai tongkat SAMA MAKNA dengan dipukul tongkat).
    Kenapa tidak menggunakan dengan contoh PK yang senada yaitu Dimakan pakai tangan yang artinya akan berbeda Dimakan tangan.

    • RA Atih
      Reply

      @Tyas. Komparasi semantiknya kan membandingkan dengan apa yang populer beredar di internet? Banyak yg pakai komparasi Saya Makan Pakai Tangan untuk mencari2 alasan agar makna “Pakai” ini terlihat sangat fatal.

      Tapi kajian ust sangat bagus, ternyata dengan memberikan pola yang semakna. Dipukulin Tongkat dan Dipukulin Pakai Tongkat memiliki susunan kalimat yang sama persis. Namun memiliki esensi makna yang masuk akal. OUTPUT : Sama sama merasakan sakit kalau dipukul. keduanya menunjuk bahwa SEMUA subjek adalah tukang pukul. objek adalah korban kekerasan.

      Sekarang, Dibohongin Pakai Al-Maidah 51 dgn Dibohongin Al-Maidah 51. OUTPUT : Sama sama jadi korban pembodohan, keduanya menunjuk bahwa SEMUA subjek adalah pembohong. objek adalah korban pembodohan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>